Halaman

Halaman

Selasa, 07 November 2023

Kapan Sih Gigi Susu Tumbuh?

Pertumbuhan Gigi Susu Pada Anak




Apa sih gigi susu itu?

Gigi susu/sulung merupakan gigi pertama anak sebelum muncul gigi permanen. Pertumbuhan gigi susu biasanya memiliki urutan tertentu. Meski nantinya akan tanggal, gigi susu tetap perlu dirawat dengan baik karena akan memengaruhi pertumbuhan gigi permanen anak.


Apa saja fungsi gigi susu?

Gigi susu memiliki banyak fungsi, antara lain :

  1. Sebagai penjaga ruang untuk gigi permanen
  2. Membentuk wajah
  3. Membantu anak bicara dengan jelas, tersenyum
  4. Mengunyah makanan dengan baik.

Gigi susu tidaklah permanen. Gigi susu adalah gigi ‘sementara’ yang tumbuh pada usia kanak-kanak dan akan tanggal untuk digantikan oleh gigi dewasa. Umumnya, jumlah gigi susu anak adalah dua puluh: delapan gigi seri, empat gigi taring, dan delapan gigi geraham. Gigi susu muncul bergantian pada anak-anak, yang pertama muncul biasanya adalah gigi seri depan bawah. 


Usia berapa gigi susu tumbuh pada anak?

Pertumbuhan gigi susu pada anak dapat dilihat pada gambar berikut :




Bagaimana cara merawat gigi susu?

Gigi susu mempunyai peranan penting sebelum gigi tetap muncul, dan sangat penting untuk mengajarkan praktik kebersihan gigi dan mulut pada anak Anda mulai dari gigi pertamanya dengan membiasakan untuk menyikat gigi dua kali, pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Kebiasaan baik ini akan mengikutinya seumur hidup! 



Pilihlah sikat gigi dan pasta gigi yang sesuai untuk usia anak Anda dan memberikan perlindungan terhadap gigi berlubang. Untuk anak saat gigi pertama kali tumbuh sampai usia 3 tahun, gunakan selapis tipis pasta gigi dan tidak lebih dari ukuran biji beras. Untuk anak usia 3–6 tahun, berikan pasta gigi dengan ukuran sebesar kacang polong saja. Dari usia 6 tahun, anak-anak bisa menggosok gigi mereka sendiri. Aplikasikan pasta gigi sepanjang bulu sikat gigi khusus anak, sampai usia 12-13 tahun ketika gigi permanen telah erupsi semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar